Tuesday, October 17, 2017

Jurnal Bimbingan dan Konseling: Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan empat siswa SMP. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) diaplikasikan guna mendapatkan model yang teruji secara empiris. Siswa kelas VII yang berjumlah 150 siswa terlibat dalam survey, 8 siswa terlibat dalam uji coba mode dan sampel pada uji efektifitas berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian yaitu menghasilkan model bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama yang mana secara umum telah memenuhi syarat sesuai dengan standar produk yang terdiri dari empat aspek, yaitu: kebermanfaatan, keakuratan, kepatutan dan kemudahan. Hasil implementasi model menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terbukti efektif meningkatkan empati siswa (z = -3,298, p < 0,01). Profil empati siswa menunjukan adanya peningkatan 7,20%. Disarankan bagi guru bimbingan dan konseling untuk perlu memperhatikan dan mengembangkan komponen empati siswa terutama pada koponen afektif dan komponen kognitif terutama dalam setting interpersonal.

Jurnal Lengkap dapat didownload pada link di bawah ini:

NB: Gunakan Browser Google Crome untuk Memepermudah Download.
Jika Menggunakan Browser Lain, Kemungkinan Akan Diminta Akses Login Google.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com